Mari Berbagi

Sekarang Jam

Home » » Kondisi Mahasiswa sekarang

Kondisi Mahasiswa sekarang


Siapa yang tak mengenal mahasiswa dari kalimatnya saja kita sudah tahu bahwa betapa sepesialnya mahasiswa itu,jika selam 12 tahun hannya siswa saja sekarang ada tambahan kalimat yaitu Mahasiswa,menurut beberapa pendapat mahasiswa adalah "seorang yang menuntut ilmu dengan taraf strata 1" Seto Nugroho,SE."siswa itu pembelajar dan maha itu besar,jadi siswa yang mempunyai ilmu besar,tapi sekarang mahasiswa sudah tidak sepeti itu lagi",Singgih Pandu Wicaksono,S.Psi.
mahasiswa memegang peranan penting sekali dalam tatanan masyarakat,pemerintah dan negara saat di mahasiswa itulah hal-hal pokok menjadi pondasi.
Beberapa hal yang bisa dilakukan mahasiswa diantaranya:
a) Pengembangan Potensi Diri
Mahasiswa mengembangkan potensi dirinya sebagai bentuk kesadaran akan hakikat pendidikan yang mendasar. Mahasiswa diharapkan mampu menjual diri (menemukan bakat dan kemampuan pribadi dan meng-ejawantahkan menjadi keunggulan- red) dan mampu mengembangkan kemampuan dirinya sehingga menjadi sebuah sumber kekayaan intelektual yang akan berguna bagi kemajuan diri dan lingkungannya.
b) Melakukan Kontrol Kebijakan Pemerintah
Sesuai dengan peran dan fungsinya, mahasiswa wajib melakukan kontrol kebijakan pemerintah, khususnya kebijakan mengenai penentuan arah dan karakteristik pendidikan bangsa. Sehingga mampu menganalisa kebijakan dan melakukan control terhadapnya.
c) Memenuhi Kebutuhan akan Perbaikan Sistem Pendidikan Nasional
Mahasiswa seharusnya mampu menjawab dan memberi solusi atas kebutuhan-kebutuhan akan perbaikan sistem pendidikan di Indonesia. Hal yang paling sederhana adalah dengan berprestasi di bidang masing-masing. Dengan itu, akan lahir banyak ahli di banyak bidang. Ahli-ahli tersebut sekaligus sebagai pemberi solusi terhadap permasalahan pendidikan di Indonesia.
Dengan menerapkan usaha-usaha tersebut, diharapkan mahasiswa benar-benar berperan dalam perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia. Indonesia tidak butuh wacana untuk berubah. Indonesia butuh pe-ubah, entitas yang bisa mengubah keterpurukan menjadi kemakmuran. Mahasiswa harus mampu menjadi entitas pe-ubah itu, demi Indonesia yang lebih baik dan bermartabat.(Ega Jalaludin :http://edukasi.kompasiana.com)

Namun mahasiswa sekarang sudah tidak kritis lagi karena mereka sudah terlalaikan hanya urusan dunia,hal ini terjadi saat banyak mahasiswa yang tertipu dengan hal2 yang sudah pastinya jelas menipu.
mahasiswa sekarang sudah sangat lugu apapaun info yang di dapat pasti akan di terima dengan legowo tanpa ada penyaringan lagi.


0 komentar:

Poskan Komentar